Rabu, 14 Agustus 2013

Jalani dengan Sebaiiiiik Mungkin (^.^)//



Selamat malaaaam.. saya menulis ini pada malam hari setelah seharian saya belajar, saya merenung, saya memikirkan banyak hal, mengaitkan banyak hal. Seperti biasa, dalam tulisan ini saya ingin bercerita terlebih dahulu tentang hal-hal menakjubkan yang saya telah alami *kata lain dari curhat, hehe*.
            Saya, saya seseorang yang tahu rasanya jatuh *sakit*, bangun *kuat*, menang *bahagia*, kalah *kecewa*. Saya sudah akrab dengan hal-hal yang seperti itu. Seingat saya, pertama kali saya kalah adalah ketika umur saya 5 tahun, dalam sebuah lomba menghafal juz ‘amma tingkat kecamatan. Itu baru kalah dalam perlombaan akademis, dalam perlombaan kehidupan, saya lupa kapan saya pertama kali kalah, tapi saya sadar sekarang bahwa saya sering kalah, dan itu menyakitkan, melemahkan, mengecewakan, *hanya untuk beberapa saat* sama halnya dengan saat mengalami jatuh. Beberapa saat yang lain, ketika saya ‘memaksa’ diri saya untuk belajar dari kekalahan tersebut, ketika saya ‘mendoktrin’ pikiran saya untuk mengakhiri keadaan jatuh tersebut, saya merasa sangat bersyukur karena setelahnya saya mendapatkan kekuatan, saya jadi tahan banting terhadap problematika hidup yang bisa kapan saja menjatuhkan. Saya selalu menyiapkan payung sebelum hujan. Ya, ketika saya bangkit, saya selalu berkata kepada diri saya bahwa “Saya bisa lebih baik, saya bisa lebih cepat, saya bisa lebih bahagia”. Kata-kata itu nyatanya bisa membangkitkan semangat dan kemauan saya, serta tekad saya untuk tidak menyerah dan tidak terjatuh lebih lama. Untungnya, saya punya sifat ngotot dan keras terhadap ‘kelemahan’ yang Allaah anugerahkan kepada saya.
            Sedikit pesan kepada adik-adik saya yang ‘senasib’ dengan saya satu tahun silam : ingin berada pada jalan yang besar, pada tempat yang dikenal, pada suasana akademis yang menantang, namun harus berada di jalan yang kecil, pada tempat yang dipandang sebelah mata, pada suasana akademis yang biasa saja ; percayalah, bahwa inilah takdir terbaik yang Allaah berikan pada orang-orang terpilih bin istimewa. Orang-orang yang kuat bangkit setelah jatuh, orang-orang yang tersenyum kembali setelah tangis yang menjadi. Saya kutipkan firman Allaah dalam Q.S. At-Taubah : 120 “Sungguh Allaah tidak akan menyia-nyiakan pahala bagi orang-orang yang berbuat baik” Salah satu awal perbuatan baik damal ayat tersebut adalah bersyukur dan mengakhiri segala rupa kesedihan dan *maaf* umpatan kepada keadaan. Hal yang harus kita alami ketika kita berada pada jalan yang sempit adalah kita harus mempunyai kegigihan yang lebih untuk sampai pada tempat yang besar, sehingga kita harus berusaha lebih keras daripada mereka yang sudah berada pada jalan yang besar. Dan beruntunglah bagi orang-orang berusaha lebih keras karena orang yang berusaha lebih keras akan mendapatkan balasan yang lebih baik (Q.S. An-Nisa’ : 95-96).
            Saya ingat sebuah rumus fisika  yang dajarkan ketika saya kelas X dan diulangi ketika saya kelas XII, pada bab listrik *tapi lupa listrik dinamis atau statis* bahwa semakin kecil luas penampang maka akan semakin sedikit hambatan untuk arus listrik yang melewatinya. Saya ingin mengutak atik rumus tersebut. Analogikan diri kita dengan arus, jalan yang kita lewati dengan luas penampang, dan masalah serta airmata sebagai hambatan. Mirip ya, kalimatnya akan menjadi seperti ini, bahwa semakin kecil jalan yang harus kita lalui, maka akan semakin sedikit masalah yang akan menghambat perjalanan yang diri kita lalui. Semoga memang begitu. Mungkin dari lingkungan memang lebih sedikit masalah, sementara dari diri kita sendiri, terutama bagi orang-orang yang berambisi, mempunyai mimpi besar sebelum ini, pasti awalnya akan terasa begitu sulit. Kembali lagi, saya mengutip ayat Al-Qur’an, “Dan Kami memudahkan bagimu ke jalan kemudahan (mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat)” Q.S. Al-A’laa : 8. Diperkuat lagi dalam Q.S. Al-Lail : 7 “Maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan”. Dari dua ayat ini, bisa dimaknai bahwa kesulitan, kesedihan, dan kekecewaan di awal itu adalah cara Allaah untuk memudahkan jalan yang akan kita tempuh selanjutnya. Mau bersedih apalah gunanya, toh kita juga sudah ada di jalan ini. Yakini saja, inilah jalan yang Allaah berikan kepada kita untuk menuju kebahagiaan, sebagaimana FirmanNya.
            Dalam hidup, kita pasti memohon terus berada dalam kebahagiaan, ketentraman, kedamaian jiwa dan raga, namun tak jarang Allaah memberika kesulian, kekecewaan, kehilangan dalam hidup kita ini. Ya, tawa dan tangis memang kehendak Allaah “Dan sesungguhnya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis”Q.S. An-Najm : 43. Tipsnya dalam hidup, yang pasti sudah populer ditelinga segenap pembaca ialah sabar ketika kita menangis, dan syukur ketika kita tertawa. Allaah pasti punya maksud dibalik segala macam peristiwa. Husnudzon saja, sebagaimana hadits riwayat Muslim, “Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., ia berkata Rasulullaah saw. Bersabda : Allaah Azza wa Jalla berfirman : Aku bertindak berdasarkan prasangka hambaKu kepadaKu. Aku bersamaNya ketika ia mengingatKu. Jika ia mengingatku di dalam dirinya, maka Aku mengingatnya dalam diriKu, jika ia mengingatKu ditengah-tengah suatu kaum, tentu Aku akan mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih besar daripada mereka. Jika ia mendekat kepadaKu sejengkal, tentu Aku akan mendekat kepadanya sehasta. Apabila ia mendekat kepadaKu sehasta, Aku akan mendekat kepadanya sedepa. Dan apabila ia datang kepadaKu dengan berjalan, tentu aku akan mendatangiNya dengan berlari-lari kecil”. Allaah Maha Baik, Maha Pemberi Rahmat. Saya selalu yakin bahwa berada di jalan yang kecil berarti diberi kesempatan untuk menemukan sebuah perempatan yang lebih besar, sangat besar, yang jauh lebih menyenangkan dan menantang daripada yang kita bayangkan dahulu kala. Tentu saja rencana Allaah lebih indah, bagi orang-orang yang mau berusaha melalukan segalanya sebaik mungkin, dimanapun kita berada. “Tidak ada sehelai daunpun yang gugur yang tidak diketahuiNya, tidak ada sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah, atau yang kering, yang tidak tertulis dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfudz)” Q.S. Al-An’am : 79. Subhanallaah.. dimanapun kita, sesakit apapun kita, sesulit apapun kita menerima keadaan, yakinilah bahwa itulah cara Allaah untuk membahagiakan kehidupan kita di dunia maupun di akhirat, dari firman tadi bukankah sudah jelas bahwa ada makna jika Allaah mengetahui segala fenomena, yang ada diluar pemahaman manusia.
            So, just do our  best guys… I’m sure we’ll get the best too… Semangaaaaatttt… (^.^)//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar