Sabtu, 30 Maret 2013

Terjemah Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam (14 Maret 2013)



Pengertian Ilmu
*      Imu secara bahasa bermakna mengetahui sesuatu secara hakikatnya (المنجد, 528). Sementara, pengetahuan menurut bahasa ini bermakna mengetahui sesuatu apa adanya (المنجد, 500).
*      Pengetahuan ialah segala sesuatu yang diketahui manusia, sebagaimana yang dikemukakan oleh Ustadz Ahmad Tafsir (5:1991). Dan menurut Ustadzah Dzakiyyah Darojah, pengetahuan ialah segala sesuatu yang diketahui manusia dari pengalaman, informasi-informasi, perasaa, dan emosi (dalam buku Ilmu At-Tarbiyyah Al-Islaamiyyah, 5:1981)
*      Dan menurut Ustadz Ahmad Tafsir, pengetahuan dibagi menjadi 3 macam, yaitu  Ilmu Pengetahuan (science), Imu Falsafah (filsafat),dan  Ilmu Bathini (mistik), sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ustadz Ahmad Tafsir dalam bukunya Ilmu At-Tarbiyyah fii Manzhuri At-Tarbiyyah Al-Islaamiyyah (Ilmu Pendidikan dalam Pandangan Islam, 5:1991).
Pengertian Pendidikan
*      Pendidikan secara bahasa berasal dari kata ربى ditambah sengan tasydid. Dan kata itu terdapat dalam kamus semisal terdapat di kamus لسان العرب karya Ibnu Manzhur : ربا يربو  yang bermakna زاد ونما  (menambah dan mengembangkan). Dalam surat Al-Hajj ayat  5 lafal ربتberarti tumbuh, yang dengan kata lain dapat dimaknai juga dengan memulai, mengembangkan kekuatan fisik, akal, dan akhlak.
*      Pendidikan secara istilah ialah segala perbuatan yang membantu untuk membentuk kemampuan dalam berketrampilan dan akhlaq dengan bersandar pada hal-hal yang sudah ditelaah dalam dirinya dari amal-amal yang menyatu dengannya.
Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
*      Ilmu Pendidikan Islam menurut Ustadz Miqdad Yaljin yaitu ilmu menyiapkan seorang muslim dengan persiapan yang komprehensif dari segala aspek di semua tahapan pertumbuhan hidupnya di dunia maupun di akhirat yang mencakup tentang arahan, prinsip, nilai, dan metode pendidikan yang terdapat dalam agama islam.
*      Ilmu Pendidikan Islam menurut Dr. Abdurrahman An-Nahlawi yaitu ilmu yang mengatur individu dan masyarakat (kelompok) yang bisa menjadi sebab untuk memeluk Islam dan diterapkan  secara menyeluruh dalam kehidupan, baik kehidupan individu ataupun kehidupan kelompok.
*      Dapat disimpulkan bahwa Ilmu Pendidikan Islam ialah peraturan kependidkan yang komprehensif yang memperhatikan kesiapan seorang muslim yang baik dengan persiapan yang menyeluruh secara agama dan secara duniawi yang berdasarkan pada sumber hukum Islam yang kokoh.
Struktur Ilmu
Struktur ilmu terdiri dari 3 unsur yang kokoh, yaitu :
*      Products : terdiri dari fakta-fakta, paham-paham, hukum-hukum, serta teori-teori yang kesemuanya itu merujuk kepada sumber-sumber ilmu.
*      Proccess : terdiri dari metode, teknik, dan media yang disadur dari usaha para ulama dalam usaha pengklasifikasian ilmu menjadi bernagai macam ilmu.
*      Ethnic : mencakup keseluruhan norma dan kaidah yang menjelaskan berbagai ilmu, mengglobalkan hal-hal khusus.
Faidah/Manfaat Ilmu
*      Menyingkap dan mengungkap rahasia dibalik ilmu itu sendiri
*      Sebagai prediksi ilmiah mengenai gejala-gejala yang kemungkinan akan terjadi di masa depan
*      Mengarahkan dan menetapkan kehidupan manusia dengan hukum dan peraturan yang dipelajari dalam ilmu tersebut.
Manfaat Ilmu Pengetahuan Islam
*      Mahasiswa mengetahui posisi ilmu pendidikan islam sebagai cabang ilmu yang berada dan berkembang pada masa modern ini.
*      Mahasiswa mengetahui dalil naqli dari Al-Quran dan Hadits dan mengetahui dalil aqli serta pemikiran ilmiyah dari para ulama islam.
*      Mahasiswa mengetahui unsur-unsur ilmu pendidikan islam secara teori dan membandingkan dengan definisi ilmu secara umum, semisal perbandingan antara ilmu konvensional, ilmu modern, dan ilmu dari barat.
*      Mahasiswa mampu menerapkan ilmu pendidikan islam di lembaga pendidikan yang banyak tersebar di sekeliling masyarakat.

1 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan terjemah-mata-kuliah-ilmu-pendidkan , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus