Sabtu, 30 Maret 2013

Terjemah Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam (21 Maret 2013)



Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam
*      Ilmu pendidikan Islam terdiri dari 3 sumber yang berurutan, yaitu Al-Quran Al-Karim, Hadits An-Nabawi Asy-Syarif, dan Pemikiran yang valid kebenarannya (Ahmad Tafsir, 5:1991)
*      Ustadz Armawi Arif menjelaskan mengenai dasar-dasar ilmu pendidikan, beliau berkata bahwasanya ilmu pendidikan islam mencakup pemahaman-pemahaman berikut :
*      Sumber ilmu ialah Allah Azza wa Jalla semata, Dialah yang menetapkan hukum-hukum yang suci di alam yang luas ini untuk semua makhluqNya.
*      Teori tentang ilmu pendidikan islam tidak bertentangan dengan hukum-hukum Ilahi dari Quran dan Hadits.
Al-Quran sebagai Dasar Ilmu
*      Manusia dalam kehidupannya membutuhkan hukum-hukum yang suci yang bersumber hanya dari Allah, dan hal tersebut ialah Al-Quran. Al-Quran mencakup nilai-nilai dasar yang berhubungan dengan seluruh aspek kehidupan walaupun masih bersifat global. Ia mengatur kehidupan manusia yang luas dalam semua aspek, diantaranya aspek ekonomi, aspek politik, aspek kemasyarakatan, dan aspek pendidikan.
*      Seorang Muslim mengambil Al-Quran sebagai dasar yang pertama bagi kehidupannya yang panjang dan mengambilnya sebagai sumber awal dari ajaran-ajarannya. Demikianlah, seorang muslim mendasarkan Al-Quran sebagai asas yang penting bagi seluruh ilmu yang bermacam-macam, demikianlah penjelasan yang dikemukakan oleh Ustadz Ahmad Tafsir dalam bukunya (21:1991)
Hadits dan Pemikiran yang Shahih sebagai Dasar-dasar Ilmu
*      Hadits sebagai dasar ilmu : disamping Al-Quran, seorang muslim engambil hadits shah Rasulullah sebagai sumber kedua dalam hidupnya yang panjang. Hal ini dikarenakan Al-Quran ialah suber pertama yang menyebutkan dalam ayat-ayatnya pentingnya iman kepada Allah dan RasulNya, serta pentingnya hadits Rasul. Oleh sebab itu, disamping Al-Quran hadits Rasullah yang diambil oleh seorang muslim sebagai dasar yang kedua dalam seluruh aspek hidupnya.
*      Pemikiran yang Shahih sebagai dasar Ilmu : dalam Al-Quran, banyak ayat yang membicarakan tentang kehidupan yang luas dan kemampuan manusia. Disana, terdapat beberapa ayat yang mengajak manusia untuk menggunakan kemampuan inderawi dan kemampuan akalnya. Demikianlah, manusia dituntut untuk menggunakan seluruh kemampuannya serta seluruh pemikirannya untuk megatur atau menata kehidupannya dengan pengaturan yang komprehensif, serta mampu melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah dan kewajiban yang dibebankan oleh Allah sebagai khalifah Allah di bumi.
Dasar-dasar Pendidikan Islam
*      Pendidikan Islam merupakan aturan pendidikan komprehensif yang bertujuan untuk menyiapkan manusia yang sholih dengan persiapan yang menyeluruh baik secara duniawi maupun secara agama dengan berdasarkan pada sumber islam yang kokoh.
*      Pendidikan Islam merupaka cara untuk membina muslim yang sempurna di berbagai aspek, baik aspek akal, aspek fisik, dan aspek dan aspek rohani. Pendidikan Islam membutuhkan pondasi yang kuat untuk mewujudkan visi dan penerapan yang sesuai dengan tujuan yang diidamkan dan diharapkan. Adapun dasar-dasar pendidikan islam ialah dasar-dasar dari Al-Quran dan hadits, serta usaha (ijtihad) sebagaimana yang telah dipaparkan oleh Ustadzah Dzakiyyah Darojah (21:1984).
*      Pendidikan Islam merupakan media untuk mentransfer hukum-hukum dari aspek teori dan amal yang praktis, serta penerapan. Sebagaimana dalam Q.S Al-Jumuah : 2. Dan karena Pendidikan Islam merupakan sebuah media, diharapkan akan keluar generasi sebagai contoh yang istimewa yang mengembalikan cita-cita dengan cara mewujudkan keberhasilan dan kejayaan, dan sebagai penghindar dalam kehidupan pemuda muslim dari pintu-pintu kerusakan, dan meletakkan tangannya pada tempat yang baik dan penuh petunjuk.
Al-Quran sebagai dasar Pendidikan Islam
*      Ustadzah Dzakiyyah Darojah menjelaskan tentang Al-Quran yang mencakup 2 hal yang penting. Yang pertama, bahwa setiap hal dalam Al-Quran menerangkan tentang iman dan keyakinan. Dan yang kedua, segala sesuatu daklam al-Quran mengandung hukum-hukum.
*      Dan kedua hal diatas dibagi legi menjadi 3 macam, yaitu ibadah, muamalah, dan akhlak. Adapun pendidikan merupakan ruang lingkup muamalah yang mengatur hubungan kerjasama antara sesama manusia.
Hadits dan Ijtihad sebagai Dasar Pendidikan Islam
*      Hadits dianggap sebagai kurikulum yang menjangkau pada petunjuk praktis untuk mewujudkan kemaslahatan ummat dan untuk membina kepribadian seorang muslim menjadi insan kamil yang bertakwa kepada Tuhannya.
*      Sedangkan Ijtihad dianggap sebagai media untuk mencari jawaban atas permasalahan-permasalahan yang berkembang disekeliling masyarakat islam, dandari permasalahn-permasalahan yang berhubungan dengan pendidkan islam secara langsung dengan tetap berpedoman pada Al-Quran dan Hadits debagai sumbaer yang utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar